Sabtu, 28 Januari 2017

Kontribusi Mahasiswa Terhadap Sekitar

        Sudah tak asing lagi kalau mendengar kata Mahasiswa. Ya, mahasiswa adalah seseorang yang menyandang gelar tertinggi sebagai seorang pelajar, yang tentunya harus selaras dengan aktivitasnya di kampus. Kenapa begitu? Karena, gelar sarjana yang nantinya didapat adalah sebuah imbalan dari apa saja yang sudah ditorehkan selama di kampus. Tentu saja menjadi sebuah kebanggaan tersendiri dan menjadi sebuah tantangan pula.

        Mengenai kriteria mahasiswa sendiri, beranekaragam. Tidak hanya dia kuliah saja setiap hari, mendengar ceramahan dosen beberapa jam lalu pulang. Tidak demikian, mahasiswa punya selera masing-masing dalam menggunakan waktunya selain berkuliah. Ada yang punya kerja sampingan, ada pula yang kuliah sambil mengaji di pondok pesantren,  berpredikat sebagai mahasantri, ada pula yang disibukkan dengan organisasi tiap hari, Ada yang berprofesi sebagai pembisnis bahkan ada yang hanya kuliah perpus-kuliah perpus.

        Itu semua terserah kita mau memilih yang mana. Tetapi, yang terpenting adalah peran dan fungsinya bagi masyarakat di kemudian hari. Yang mana akan berguna bagi kemajuan kampus dan lebih dari itu untuk kemajuan negara. Mahasiswa mampu melakukan perubahan besar karena SDM nya tak akan pernah habis. Maksudnya mahasiswa selalu ada dalam kehidupan di dunia bahkan selalu bertambah tiap tahunnya. Ini yang menguntungkan bagi mahasiswa sendiri sebagai agen perubahan. Mahasiswa itu pengontrol kehidupan sosial di masyarakat. 
Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan mahasiswa terkait peran pentingnya bagi yang lain, yaitu pertama, peranan moral, dunia kampus merupakan dunia di mana setiap mahasiswa dengan bebas memilih kehidupan yang mereka mau. Disinilah dituntut agar mereka sedia kala untuk punya rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri. Dan terlebih daripada itu punya rasa kepedulian pula terhadap moral yang hidup di masyarakat, karena tanpa moral rasanya seperti sayuran tanpa garam. Yang kedua, peranan sosial. Kita sebagai mahasiswa, patutlah kita membawa efek yang berguna bagi sesama. Jangan hanya berguna untuk diri sendiri. Disini di perlukan penekanan dan kebiasaan, sebab mahasiswa yang sebagai jembatan masyarakat haruslah bisa melihat, merasakan dan memantau apa yang dialami masyarakat. Sebab tanpa adanya peranan sosial apalah jadinya mahasiswa. Dan yang terakhir adalah peranan inteleketual. Namanya mahasiswa pasti tiap hari bergelut dengan ilmu pengetahuan. Yang dari situ, mahasiswa harus bisa memberikan akses perubahan yang lebih baik lagi di bidang pendidikan khususnya.

        Melihat pentingnya ketiga peranan tersebut, nampaknya harus ada sebuah wadah untuk bisa menumpahkan aspirasi dan pemikiran mereka. Wadah tersebut ialah organisasi. Mahasiswa baiknya bergabung dalam organisasi apapun agar pemikiran mereka meluas. Bila dikatakan, organisasi adalah pembenahan mental kita sebelum terjun ke dunia luar. Itulah sangat disarankan untuk mahasiswa, berorganisasilah.

        Organisasi mahasiswa ialah organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat dan potensi yang merka miliki. Organisasi di ranah mahasiswa pun macam-macam. Ada organisasi extra kampus, seperti PMII, HMI, KAMI dan lainnya ada pula organisasi intra kampus yang biasa di sebut Unit Kegiatan Kampus (UKM). Selain itu, ada pula ikatan mahasiswa kedaerahan yang pada umumnya beranggotakan satu daerah saja.
Gunakanlah peranmu sebagai mahasiswa sebagaimana mestinya. Berikan kontribusi tebaikmu bagi sesama agar kehadiranmu tak sia-sia. Peran yang dapat membanggakan dirimi, lingkungan sekitarmu dan kampusmu. Jangan malah mencoreng citra baik dari kampusmu sendiri. Tunjukkan bahwa mahasiswa sekarang memiliki banyak prestasi daik dari akademik maupun non akademik. Sehingga masyarakat meliha mahasiswa sebagai aset berharga untuk kemajuan negara. Jangan buat kehadiranmu tak berarti, jangan sampai ada mu sama dengan tidak ada mu. Buatlah namamu seharum mungkin dengan apa yang kamu toreh untuk mereka agar sejarah mencatatmu sebagai pemenang. Hidup sekali, berarti lalu mati. Insya Allah.

About the Author

ari

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
Arrie Saputro © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates