Senin, 27 Februari 2017

3 Tips dari Gue Dalam Bertindak Mencegah Banjir



Banjir memang sudah menjadi hal yang wajar bagi kita. Tiap hujan mengguyur dengan curah yang tinggi sudah dipastikan banjir menanti. Terlebih sedang pada musimnya, sudah tak bisa dibayangkan akan seperti apa jadinya. Parahnya tiap tahun terus terulang dan terus terulang kejadian seperti ini.

Dari dulu banjir selalu jadi persoalan yang tak ada habisnya. Hampir setiap stasiun televisi selalu meliput fenomena ini tiap kali terjadi banjir. Dari mulai rumah warga yang terendam, bangunan sekolah yang tak bisa dipakai sampai petani yang gagal panen akibat dari banjir yang tak berkesudahan. Ini yang menjadi PR untuk kita semua ke depannya.

Lagipula siapa yang mesti disalahkan lagi selain kita yang tak peduli akan sekitar. Lihat orang buang sampah sembarangan, kita ikut-ikutan buang. Satu orang mempraktekkan lima puluh lainnya mengikuti dari belakang. Dari yang seperti itu nantinya, saluran air akan tersumbat dan ketika hujan turun, tinggal menunggu tenggelamnya saja deh. Padahal disekitar kita sudah banyak tong sampah yang bisa jadi wadah.

Perlu diingat pula, banjir yang selama ini meresahkan warga tak jarang merugikan banyak pihak. Dan warga pun meminta pada pemerintah akan penanganan masalah banjir agar tak terjadi lagi. Kalau banjir yang tak kunjung surut, dari pemerintah hanya bisa membantu sekedar bahan pangan dan mungkin pakaian layak.

Huh, mau sampai kapan lagi tragedi seperti ini terus terulang bung. Sadarlah sadar kawan. Kasihan anak cucu kita nanti, generasi muda kelak, kalau kita tak membiasakan buang samapah pada tempatnya. Apa sulitnya sih buang sampah buang sampah pada tong sampah. Kejauhan? No! Mungkin kawan saja yang malas.

Ok! Daripada terlalu lama berbincang masalah ini, Gue mau kasih tips buat kawan-kawan semua. Tips apaan emangnya yang gue punya? Hehe, yaitu “3 Tis Tindakan Menjaga Sekitar Agar Terhindar dari Banjir”. Setidaknya, tips yang gue berikan ini bisa menyadarkan kita semua untuk lebih care terhadap lingkungan. Ok, ini dia tipsnya.

  1. Biasakan Buang Sampah Pada Tempatnya
Walaupun terdengar sepeleh. Tapi sangat bahaya loh bila dibiarkan terus-menerus dan menjadi budaya di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, kita harus stop mulai dari sekarang dan mulai buang sampah pada tempatnya. Mulailah dari diri sendiri, lalu tularkan pada orang lain. Kalau semisal tak menemukan tong sampah di jalan, masukkan dulu sampah kita ke kantung dan buanglah ketika sudah menemukan tong sampah. Ok, mudah kan! Mulailah dari sekarang dan dari diri sendiri.
  1. Hindari Penggunaan Bahan Plastik Secara Berlebihan
Perlu diketahui, bahan plastik yang sering kita gunakan sehari-hari sangat sulit teruai oleh tanah. Dan ini pun, yang menyebabkan sampah-sampah tertumpuk dan sungai tercemar.  Ayo, kurangi pemakaian bahan plastik agar lingkungan kita tak tercemar.
  1. Sama-sama Tanam Pohon
Tak hanya dikenal sebagai sebagai paru-paru dunia, ternyata pohon banyak manfaat bagi alam sekitar. Pentingnya bagi kita semua untuk penanaman kembali. Banyak pohon yang ditebang harus pula diikuti penanaman yang banyak. Karena pohon dapat sekiranya menyerap air hujan yang turun dalam jumlah banyak. 

Mungkin 3 tips ini yang bisa gue sarankan untuk kita semua. Selebihnya perbuatan kita yang menentukan sekitar. Ingat baik-baik, alam baik kalau kita baik dan alam jahat kalau kita pun jahat padanya. So, ayo kita sama-sama buat perubahan pada diri sendiri, ubah mindset kita lalu tularkan pada sesama. Nah, bisa dibayangkan kalau kita semua sama-sama mempraktekkan 3 tips ini kan. Insya Allah masalah banjir akan segera surut secara  perlahan.

About the Author

ari

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
Arrie Saputro © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates